Cara Mengosongkan Memori Internal Android Yang Penuh

Cara Mengosongkan Memori Internal Android – Kelemahan android termasuk pada penggunaan memori internal yang fungsinya sebagai tempat instalasi aplikasi. Hal tersebut salah satu penyebab memori internal android cepat penuh. Jika ruang internal sudah terpakai penuh maka pengguna tidak bisa menginstal aplikasi yang lainya. Walau sudah disediakan metode Apps2SD yang memungkinkan kita untuk menginstall aplikasi di kartu SD. Tetapi tidak semua aplikasi dapat kita pindahkan ke kartu SD agar bisa mengosongkan memori internal android yang penuh.

File Data pengguna pribadi tidak pernah di save pada penyimpanan eksternal, aplikasi maupun game yang diinstal ke kartu SD akan tetap mengambil sebagian ruang pada memori internal. Selain itu beberapa software pada android seperti widget, live wallpaper serta aplikasi sistem yang lainya mungkin tidak bisa berfungsi dengan sempurna jika software tersebut dipasang di kartu SD. Apabila anda bingung bagaimana cara mengosongkan memori internal android, saya akan coba memberikan cara mengatasi hal tersebut, dan Tips yang akan saya share ini sangat mudah untuk anda ikuti. Nah dibawah Berikut adalah beberapa cara mudah mengatasi memori internal android yang penuh :

Bagaimana Cara Mengosongkan Memori Internal hp Android Yang Penuh untuk mendapatkan ruang yang cukup

Cara Mengosongkan Memori Internal Android


Bersihkan Cache Aplikasi

Salah satu cara yang sering digunakan pengguna yaitu dengan membersihkan cache yang telah digunakan beberapa aplikasi android, Anda bisa membebaskan beberapa ruang MB memori internal di android kamu. Caranya cukup mudah yaitu dengan :

  • Buka Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi pada Android Kamu.
  • Klik tombol Menu, lalu pilih Urutkan berdasarkan pilihan ukuran.
  • Untuk memeriksa apakah aplikasi menyimpan cache penggunaan, silahkan pilih dalam daftar dan akan ditampilkan pada layar yang muncul.
  • Dan Untuk menghapus cache tersebut, Silahkan tekan tombol “clear cache”.
  • Ada Beberapa jenis aplikasi yang memiliki cache dengan ukuran besar yaitu Maps, Internet, Galeri dan Play Store.
  • Melalui “Application Info” Kamu bisa juga menghapus data dari sebuah aplikasi. cara ini tidak hanya menghapus cache saja, tetapi akan menghapus semua data aplikasi yang tersedia. Itu bisa disebut dengan “hard resetting” aplikasi. Contohnya saya akan membebaskan 2MB dengan menghapus data untuk Storage Media. Hal tersebut akan memaksa app Galeri perangkat saya untuk mencari semua gambar saya di android, tetapi data yang masih terkait dengan Storage Media ukuranya masih jauh lebih kecil dengan ukuran sebelum dibersihkan.
  • Jika kamu menggunakan aplikasi pengganti homescreen seperti Aplikasi LauncherPro dan ADW Launcher serta tidak berniat kembali ke Launcher default, Anda bisa membebaskan banyak ruang dengan cara menghapus data yang tersimpan untuk HTC Sense atau Home.
  • Telah tersedia aplikasi otomatis yang dapat menampilkan semua aplikasi yang menyimpan cache aplikasi tersebut bernama Quick App Clean Cache (Rp 76.000). Apabila android anda memiliki akses root, ada juga aplikasi gratis di Play Store untuk menampilkan cache seperti CacheCleaner, CacheMate serta MoveCache Apk. Baca Juga : Cara Root Android Dengan Mudah
  • Apabila ada  Aplikasi Yang tidak terlalu penting bahkan Jarang digunakan, sebaiknya anda menghapusnya dengan cara uninstall.
  • Silahkan atur kembali aplikasi di andorid anda. Sebaiknya Pilih aplikasi dan game yang sering anda pakai dan hapus untuk yang tidak terpakai.

Setting Untuk Install Aplikasi ke SD Card

Android Froyo ke atas mempunyai kelebihan pada fitur yang satu ini. Anda akan dengan mudah mensetting supaya aplikasi yang di install bisa dipindah ke kartu SD. Dengan ini maka memori internal kamu memiliki ruang bebas yang lumayan. Silahkan Masuk ke menu setting, Pilih menu penyimpanan kemudian centang pilihan default write disk ke kartu SD kamu.

Pindahkan Data Ke Memori Eksternal

Apabila perangkat android anda memiliki data di memori internal seperti hasil dari aplikasi maupun game yang telah anda download, silahkan dipindahkan saja ke memori eksternal. Dan untuk widget atau data apapun yang anda miliki silahkan pindahkan juga ke memori eksternal, intinya jangan biarkan tersimpan di memori internal. Untuk mempermudahnya anda bisa menggunakan aplikasi  Apps 2 SD dan SDMove. Aplikasi android tersebut akan membuat kita mengosongkan Memori Internal Android dengan Sangat cepat.

Baca Juga :
Cara Merubah Tampilan System UI Android Menjadi Lebih Keren 
Cara Membuat Video Slow Motion Di Android
Kumpulan Tema Line Messenger di Android dan IOS 2015

Saya rasa tips saya tersebut Tidak sulit. Sebenarnya sangat banyak cara kita untuk mengakali agar memori internal android dikosongkan. Demikian tips mengenai cara mengosongkan memori internal.

1 komentar:

  1. Terimakasih infonya

    Jangan lupa kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, atau juga bisa hub kami di nomor 082150065758 (WA) atau 085646675004 atau 081944808466. Bisa juga melewati BBM 2A9BE37C

    BalasHapus